Pelatihan Manajemen Referensi Karya Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana UNUGIRI 2023

Pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro gelar pelatihan “Publish or Perish dan Zotero dalam Pencarian dan Manajemen Referensi Karya Ilmiah mahasiswa Pascasarjana UNUGIRI” di Gedung D Santoso Hardjosuwito UNUGIRI, (24/06/2023).

Pelatihan tersebut dimulai pukul 13.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana UNUGIRI program studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Magister Hukum Ekonomi Syariah dengan sangat antusias.
Direktur Pascasarjana, Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I. menuturkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa Pascasarjana UNUGIRI Bojonegoro dalam menyusun penelitian yang baik dan tepat waktu. Di sisi lain, teknologi informasi masa kini berkembang sangat pesat, sehingga harus diimbangi dengan upgrade ilmu pengetahuan yang relevan.

Selain itu, pelatihan tersebut juga dirangkai dengan acara penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pascasarjana UNUGIRI Bojonegoro dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung. “Semoga kedepannya silaturahmi dan kerja sama antara kedua pihak perguruan tinggi ini dapat berjalan dengan baik,” pungkas Direktur Pascasarjana UNUGIRI Bojonegoro yang akrab disapa Bu Min.

Pelatihan kali ini dibawakan oleh Kaprodi MPAI, Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I. dan mengundang narasumber yang sangat kompeten dalam bidangnya, yaitu Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd., dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung. Narasumber yang mahir dalam bidang pendidikan Bahasa Arab ini menjelaskan secara terperinci mengenai teknik sitasi yang baik dan mudah bagi peneliti pemula.

Menurutnya, aplikasi yang sangat membantu dalam merampungkan penelitian secara cepat dan tepat adalah Zotero. “Aplikasi Zotero memudahkan kita untuk sitasi jurnal. Kita dapat mengaksesnya dengan mudah, asalkan tersambung dengan jaringan internet,” ungkapnya.

Beliau juga menyebutkan bahwa aplikasi pendukung lainnya adalah Publish or Perish. “Aplikasi tersebut dapat memudahkan kita dalam mencari referensi, baik berupa buku maupun jurnal ilmiah,” imbuhnya. Setelah menjelaskan secara detail, Dr. Afthon mengajak mahasiswa untuk praktek sitasi referensi melalui aplikasi Zotero dan Publish or Perish.[FirdaRRW]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *